SOFTWARE DESIGN NOTATIONS
Software Design Notations
Digunakan untuk
perancangan perangkat lunak yang dapat mendeskripsikan tujuan suatu perangkat
lunak, dimana dikategorikan ke dalam notasi Structural Descriptions (Statis)
dan Behavioral Descriptions (Dinamis).
Dalam Software
Design Notations terdapat beberapa kriteria notasi desain :
· Automatic processing : memungkinkan
desainer untuk memverifikasi kebenaran dan kualitas
desain.
· Data representation : kemampuan untuk
menggambarkan data local dan global secara langsung.
· Ease of editing : mudah untuk melakukan
modifikasi desain.
· Easily
converted to program source code : Memudahkan dan mempercepat dalam dalam
pembuatan kode program.
· Logic
verification : Mampu melakukan verifikasi logika untuk meningkatkan kecukupan
pengujian.
· Machine
readability : Notasi dapat menjadi masukan secara langsung ke dalam pembangunan
sistem.
· Maintainability
: Pemeliharaan konfigurasi.
· Modularity
: notasi mendukung pengembangan perangkat lunak modular.
· Overall
simplicity : Mudah untuk dipelajari, digunakan dan penulisannya.
· Structure enforcement : Memberlakukan
penggunaan konstruksi pemrograman terstruktur.
Software Design
Notations terbagi menjadi dua yaitu :
A. Structural
Descriptions (Statis)
Digunakan dalam
menggambarkan aspek struktural dari perancangan perangkat lunak, antara lain :
- Architecture description languages (ADL)
- Component diagrams : Digunakan untuk merepresentasikan sekumpulan komponen dari sebuah sistem, realisasi dari sekumpulan antarmuka dan hubungan timbal baliknya.
- Deployment diagrams : Digunakan untuk memodelkan aspek fisik suatu sistem yang mewakili satu set simpul (fisik) dan keterkaitannya.
- Interface description languages (IDL) : Bahasa seperti pemrograman yang digunakan untuk mendefinisikan antarmuka (nama dan jenis operasi yang diekspor) dari komponen perangkat lunak.
Architecture
description languages (ADL)
Bahasa yang digunakan untuk menggambarkan arsitektur perangkat lunak dalam hal komponen dan konektor.
Entity-relationship diagrams (ERD)
Digunakan untuk menggambarkan model konseptual data yang disimpan dalam sistem informasi
- Digunakan untuk menggambarkan struktur pemanggilan
program.
- Menguraikan komponen utama menjadi bagian bagian
kecil.
- Digunakan dalam analisis sistem terstruktur/desain
terstruktur.
- Setiap grafik merupakan suatu proses.
B. Behavioral Descriptions (Dinamis)
Behavioral Descriptions digunakan untuk
menggambarkan perilaku dinamis perangkat lunak dan komponen, antara lain :
- Communication diagram : Digunakan untuk menunjukkan interaksi yang terjadi di antara sekelompok objek, di mana penekanannya adalah pada objek, tautannya, dan pesan yang mereka tukarkan pada tautan
- Decision tables and diagrams : digunakan untuk mewakili kombinasi kondisi dan tindakan yang kompleks
- State transition and state chart diagrams : digunakan untuk menunjukkan aliran kontrol dari negara ke negara di mesin negara
- Formal specification languages : bahasa tekstual yang menggunakan gagasan dasar dari matematika (misalnya, logika, set, urutan) untuk secara ketat dan abstrak mendefinisikan antarmuka dan perilaku komponen perangkat lunak, seringkali dalam hal kondisi sebelum dan sesudah kondisi.
Data flow diagrams (DFD)
Merepresentasikan sebuah sistematau perangkat lunak
pada beberapa level abstraksi dan untuk mengambarkan aliran data dalam sistem,
sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat
penyimpanan datanya.
Activity Diagrams
Digunakan untuk menunjukkan aliran kontrol dari
aktivitas.
Flowchart
Diagram alir yang menunjukkan apa yang terjadi dalam
suatu program dan bagaimana data mengalir di sekitarnya. Flowchart dapat
mewakili proses bisnis, menunjukkan keputusan yang diambil dan hasil dari
keputusan itu.
Sequence diagram
Digunakan untuk menunjukkan interaksi di antara
sekelompok objek, dengan penekanan pada urutan waktu pesan.
Pseudocode
Notasi desain yang berkaitan erat dengan bagaimana
logika suatu program akan bekerja, umumnya pada tahap desain terperinci,
perilaku prosedur atau metode.
Penulisan pseudocode
- INPUT - menunjukkan pengguna akan memasukkan
sesuatu.
- OUTPUT - menunjukkan bahwa output akan muncul di
layar.
- WHILE - loop (iterasi yang memiliki kondisi di
awal).
- FOR - loop penghitungan (iterasi).
- REPEAT – UNTIL - loop (iterasi) yang memiliki
kondisi di akhir.
- IF – THEN – ELSE - keputusan (pemilihan) di mana
pilihan dibuat.
Sumber :
Comments
Post a Comment